Kamis, 24 Maret 2011

HORAS BATAK!!!

HORAS artinya selamat, salam sejahtera, yang merupakan salam khas orang Batak. Kalian tahu apa makna HORAS??

Huta
rumah adat suku Batak
Huta adalah kampung-kampung yang ditinggali orang Batak sebelum masa penjajahan Belanda. Huta ini dikelilingi oleh tembok tanah dan pagar bambu. Berdasarkan tempat kediamannya, suku Batak dibagi menjadi lima subkelompok : Batak Toba (wilayah selatan dan barat daya Danau Toba), Batak Dairi (barat laut Danau Toba), Batak Karo (utara Danau Toba), Batak Simalungun (di antara lereng gunung antara Danau Toba dan Selat Malaka),
dan Batak Tapanuli Selatan (Batak Angkola dan Batak Mandailing).


Ornamen Alam
Ada sebuah lembah yang menjadi saksi kehidupan masa kecil pahlawan nasional Sisingamangaraja di tanah Batak ini. Namanya Lembah Bakara yang membentang indah dengan tebaran pesona alamnya.
indah bukan lembah bakara ini???
Roh Leluhur
ini adalah tari tortor
Orang Batak melakukan sebuah penghormatan terhadap leluhurnya melalui sebuah upacara adat, yaitu Upacara Mangohal Holi. Untuk meramaikan upacara ini, diselenggarakan pula Tari Tortor.

Aksara Batak
contoh aksara Batak
Bahasa Batak Toba disebut batta dan termasuk rumpun Austronesia. Sedangkan aksara Batak ini berasal dari India Kuno. Biasanya aksara Batak digunakan oleh datu (orang pintar) untuk menulis penanggalan dan mantra.

Seni Ukir dan Tenun
seni ukir Batak
Di Batak, para pengukir tradisional tidak hanya menukir kayu untuk hiasan rumahnya, tetapi juga mengukir untuk dijadikan hiasan makam tradisional.


Di Pulau Samosir, hanya tinggal beberapa empu ulos tradisional yang masih menenun ulosnya. Ulos adalah kain selimut yang dapat memberikan kehangatan. Biasanya diberikan seorang suami yang baru menjadi ayah untuk pertama kalinya.
kain Ulos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar